Khamis, 28 Januari 2016

[Belia] Kala Suasana Kerja Tidak Nyaman

 

Kala Suasana Kerja Tidak Nyaman
https://perkarahati.files.wordpress.com/2013/11/10-alasan-anda-harus-mencintai-pekerjaan.jpg
Kerja itu tidak selalu enak ya. Ada saja nggak enaknya. Kalau lagi enak, kita nyaman. Kalau lagi nggak enak, kita seperti cacing kepanasan. Pengen pindah saja rasanya. Tapi tahukah Anda bahwa Anda bisa bertumbuh lebih cepat justru pada saat berada pada situasi yang tidak nyaman?

Di salah satu ruas Jl. Raya Bogor ada sebatang pohon besar yang tumbuh persis didepan putaran alias U-Turn jalan. Karena hampir setiap hari memutar kendaraan disitu, maka pohon tersebut menjadi pemandangan yang menancap kuat dalam ingatan saya.

Tapi kan banyak U-Turn lain yang ada pohonnya? Kenapa cuman pohon itu yang diingat? Benar. Namun, pohon yang ini unik. Dia mempunyai dahan yang condong ke arah jalan. Lalu tumbuh dengan daun yang lebat sehingga tampak seperti sebuah terowongan. Keunikan itulah yang membuat sosoknya terkenang.

Dikantor Anda, banyak sekali karyawan. Tetapi, apakah Anda sudah menjadi karyawan yang mampu memberikan kesan sedemikian rupa sehingga kehadiran Anda, 'menancap kuat' dalam ingatan orang lain? Kita, nggak bisa mendapatkan perhatian lebih. Jika tidak memiliki keunikan seperti halnya pohon itu.

Iya. Tapi bagaimana caranya? Kan kita emang sudah begini 'dari sononya'. Benar. Karakter pribadi kita dipengaruhi oleh gen dominan para leluhur kita. Namun, tidak seluruhnya. Kematangan karakter itu justru dibangun oleh tempaan selama kita menjalani hidup.

Orang yang terbiasa dimanja, misalnya. Cenderung kurang gigih. Atau kaget ketika berhadapan dengan situasi yang tidak mendukungnya. Sedangkan orang yang terbiasa berjuang, biasanya lebih tangguh. Dan tidak mudah menyerah.

Pohon itu, tidak tumbuh membentuk terowongan begitu saja. Awalnya, dia tumbuh seperti pohon pinggir jalan lainnya. Namun, karena posisinya terdesak bangunan maka dia menjadi condong kearah jalan. Sehingga sebagian dari cabang dan dahannya sering dihempas bahkan dilibas oleh mobil-mobil yang melintas.

Hempasan angin dan libasan kendaraan itulah yang kemudian mendorong cabang dan batangnya untuk melengkung. Dia, tidak mau patah. Sehingga saat mobil melintas, dia meliuk lentur.

Seiring dengan pertumbuhan batangnya, kelenturan itu diimbangi dengan ukurannya yang memanjang, posisinya yang meninggi, serta pucuknya yang terurai indah. Maka, menjelmalah dia menjadi pohon nan mempesona.

Dikantor, normalnya selalu ada hempasan, libasan, bahkan tamparan. Anda, bisa selentur apa menyikapinya? Pohon yang rapuh bakal patah. Karyawan yang rapuh bakal menyerah. Pohon yang lentur, bakal meliuk mengikuti  energi yang mendorongnya. Dan tumbuh kokoh. Karyawan yang lentur? Bakal bertumbuh kembang menjadi profesional handal.

Bagaimana dengan pohon-pohon pinggir jalan lainnya yang tumbuh normal? Well. Mereka akan tumbuh tinggi dan besar. Namun, seperti kebanyakam pohon 'normal' lainnya; mereka tidak memberi kesan apa-apa. Ada dan tiadanya tidak terekam dialam kesadaran kita.

Karyawan yang tinggal di lingkungan yang 'normal' pun demikian. Mungkin adem ayem aja hidupnya. Nyaman. Tak ada banyak guncangan. Tapi ya begitu. Kehadirannya, tak memberi kesan istimewa. Ada. Tapi tidak lebih dari itu.

Maka jika Anda ingin menjadi pribadi yang mengesankan; jangan berharap berhadapan dengan situasi yang 'normal'. Tapi bersikap lenturlah terhadap berbagai tantangan dan kesulitan.

Kalau suasana dikantor Anda tidak nyaman, itu bukan alasan untuk menebar CV kesana kemari. Justru isyarat untuk bertumbuh melalui kelenturan. Ambil kesempatan itu. Jangan sia-siakan.

Bagaimana kalau kondisi dikantor Anda terlalu 'normal'?  Cari atau ciptakan tantangan itu. Sehingga Anda, berkesempatan untuk menjadi karyawan yang mengesankan.

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman
Penulis, Trainer, Pembicara Publik.

Catatan kaki:
Menghindar dari ketidaknyaman ditempat kerja Anda, beresiko masuk ke lingkungan kerja yang tidak nyaman lainnya. Tapi menyikapinya secara luwes membuat Anda tumbuh menjadi lebih dewasa.

Jika kantor Anda membutuhkan program pelatihan berkualitas tinggi, silakan hubungi kami disini: http://www.dadangkadarusman.com/hubungi-agen-training-kami 

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA "Dekadarus And Friends" di nomor : 0812-19899-737. Sebutkan Nama dan tulis "Dekadarus And Friends Group". Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel "P (=Personalism)" secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Salam hormat,
Mari Berbagi Semangat!
DEKA - Dadang Kadarusman
Penulis, Trainer & Pembicara Publik

__._,_.___

Posted by: Bambang Tribuono <bambang_tribuono@yahoo.com>
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Egroups kendalian http://www.kokpasir.com

.

__,_._,___

Tiada ulasan: