Rabu, 17 Februari 2016

[Belia] Menteri Susi Pesan Kapal Pemburu Pencuri Ikan

 

Menteri Susi Pesan Kapal Pemburu Pencuri Ikan

PT PAL Indonesia tengah merancang kapal induk perikanan pertama di Indonesia. Perancangan ini adalah ide dan permintaan dari Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti guna memburu kapal-kapal pencuri ikan.

Dalam penjelasannya saat jumpa press di KKP, Jakarta, Jumat (12/2/2016), Susi mengatakan bahwa kapal induk ini dirancang karena kapal pencuri ikan memiliki ukuran besar-besar sedangkan kapal penangkap saat ini berukuran lebih kecil dan kalah canggih.

"Ini dasarnya Indonesia punya luas laut nomor dua terbesar di dunia dengan luas 5,8 juta km2. Tapi kapal yang ngawasi kecil. Kapal ikan maling ukurannya lebih besar, harga diri kita dikemanakan itu?" kata Susi.

Sementara dana yang dibutuhkan pun cukup besar, lebih dari setengah triliun rupiah.
"Alokasi dana Rp 600 Miliar untuk fasilitas yang lengkap," ungkap Susi.

Pembangunan akan dibiayai oleh Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). Pembangunan rencananya akan dimulai tahun ini dan membutuhkan proses waktu paling lama 2 tahun.

Meski begitu, kapal induk tersebut nantinya digunakan bukan hanya untuk penindakan langsung pelaku illegal fishing di tengah laut, tapi juga bisa digunakan sebagai sarana misi pengawasan, pengintaian dan pemantauan maritim, bahkan juga digunakan sebagai kantor bergerak, sebagai pusat penelitian, rumah sakit terapung, pusat pelatihan ke nelayan.

"Menteri KKP, Dirjen kalau bakti sosial di pulau-pulau sulit cari kapal," tambahnya.

Inilah spesifikasi kapal pemburu tersebut:

__._,_.___

Posted by: Bambang Tribuono <bambang_tribuono@yahoo.com>
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Egroups kendalian http://www.kokpasir.com

.

__,_._,___

Tiada ulasan: